Pengertian, Dasar Hukum, Fungsi serta Contoh Surat Kuasa Istimewa

A. Pengertian

Surat Kuasa Istimewa adalah surat kuasa yang dibuat untuk melakukan tindakan hukum tertentu yang sangat penting yang sebetulnya hanya boleh dilakukan oleh pemberi kuasa sendiri. Saking pentingnya, pasal 123 HIR mengatur bahwa surat kuasa istimewa hanya dapat diberikan dalam bentuk surat yang sah. R. Soesilo menafsirkannya dalam bentuk akta autentik (akta notaris) dan pendapat ini diterima oleh praktisi hukum secara umum. Jadi surat kuasa istimewa baru bisa dikatakan sah secara hukum jika: 1). dibuat dalam bentuk akta autentik (dihadapan notaris) dan 2). harus ditegaskan dengan kata-kata yang tegas mengenai tindakan apa yang akan dilakukan oleh kuasa.

B. Cakupan Surat Kuasa Istimewa

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa surat kuasa istimewa dibuat hanya terbatas pada tindakan yang sangat penting, yang pada prinsipnya hanya boleh dilakukan oleh pemberi kuasa itu sendiri dan tidak boleh dikuasakan kepada orang lain meskipun menggunakan surat kuasa khusus. Namun dalam kondisi tertentu, hukum tidak bisa juga memaksakan seseorang untuk melakukan perbuatan hukum jika memang yang bersangkutan (in person) berhalangan hadir seperti karena sakit keras atau yang bersangkutan berada di luar negeri untuk suatu pekerjaan penting.

Lalu tindakan hukum seperti apa yang tidak dapat dikuasakan sekalipun dengan menggunakan surat kuasa khusus dan hanya dapat dilakukan dengan menggunakan surat kuasa istimewa? Cakupan atau lingkup tindakan yang dapat diwakilkan dengan kuasa istimewa hanya terbatas pada:

  1. Memindahtangankan benda milik pemberi kuasa, atau untuk meletakkan hipotek (hak tanggungan) di atas benda tersebut;
  2. Membuat perdamaian dengan pihak ketiga;
  3. Mengucapkan sumpah penentu (decesoir eed) atau sumpah tambahan (supletoir eed) sesuai dengan ketentuan pasal 157 HIR atau pasal 184 R.Bg.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, dasar hukum dan fungsi dari surat kuasa istimewa. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share atau berkomentar di bawah ini sebagai bahan masukan atau bahan diskusi. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *